NEWS

Ada Layanan "Dark Mode" di YouTube! Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

by Dikdok | 16 Apr 2017
Ada Layanan "Dark Mode" di YouTube! Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Dengan semakin populernya layanan video streaming seperti YouTube bagi banyak orang, kita tak jarang jadi terlalu banyak menghabiskan waktu demi menatap layar desktop atau pun smartphone guna menikmati layanan tersebut. Namun, satu hal yang tetaplah patut untuk diperhatikan, bahwa berada di depan layar monitor secara terus-menerus seperti itu tidak baik bagi kesehatan mata.

YouTube sepertinya sadar mengenai hal tersebut, sehingga layanan video streaming milik Google ini pun berupaya menyediakan pengaturan antarmuka yang berwarna gelap untuk layanannya, yang mereka sebut sebagai “Dark Mode” untuk mengurangi cahaya yang berlebihan pada tampilan antarmukanya. Tampilan antarmuka tersebut hingga saat ini barulah tersedia saat kita mengakses YouTube dengan menggunakan dekstop dan melalui layanan peramban Google Chrome.

Dengan menghadapi tampilan antarmuka Dark Mode tersebut, pihak YouTube memastikan bahwa mata pengguna tidak akan terlalu kelelahan untuk menyerap layar yang terang secara terus-menerus. Lalu, bagaimana cara untuk mengaktifkan pengaturan tersebut?

YouTube sendiri belum secara terang-terangan dalam hal menyediakan layanan Dark Mode. Jadi, untuk dapat menggunakan pengaturan tersebut, pengguna diharuskan telah memiliki layanan peramban Chrome yang sudah diperbarui pada versi 57 ke atas.

Selanjutnya, bukalah halaman YouTube dan tekan "Ctrl + Shift + I." Sementara, jika komputer Anda adalah Mac, tekanlah "Option + Command + I." Ketika muncul layar tambahan untuk developer, pilihlah opsi Console yang tertera pada layar tambahan tersebut. Selanjutnya, salinlah teks document.cookie="VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE" lalu tekan Enter.

Sebagai langkah terakhir, tutuplah layar tambahan untuk developer yang tadi terbuka, lalu lakukan refresh atas halaman YouTube. Nantinya, YouTube akan memberikan tampilan antarmuka yang sedikit berbeda dari biasanya untuk kalian.

Yang paling menonjol untuk dirasakan, kalian akan melihat opsi "Dark Mode" ketika menekan menu Settings pada sisi kanan atas. Tekanlah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap ini. Selamat mencobanya, ya!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top