REVIEW

Yuk, Tolong Sang Kelinci Kumpulkan Wortel dalam Cute Munchies

by EstuPW | 16 Apr 2017
Yuk, Tolong Sang Kelinci Kumpulkan Wortel dalam Cute Munchies

Genre puzzle selalu menjadi primadona di kalangan pengguna smartphone, terutama ketika sedang menunggu sesuatu atau sekedar iseng. Gameplay-nya yang cenderung sederhana, tetapi membutuhkan logika yang 'njlimet,' menjadikan puzzle sebagai salah satu dari sekian banyak genre yang bisa membantu kalian menghabiskan waktu tanpa terasa. Kebetulan, kami hari ini ingin mengajak kalian untuk menikmati puzzle imut buah karya Niji Games yang berjudul Cute Munchies.

Cute Munchies merupakan sebuah game puzzle sederhana, dengan grafis 2D yang lucu dan penuh warna. Di Cute Munchies, kalian akan berhadapan dengan papan permainan yang terdiri dari sejumlah kotak yang besarnya berbeda-beda bergantung pada levelnya. Karakter utama kalian adalah seekor kelinci, sedangkan tujuan kalian adalah mengumpulkan sejumlah wortel yang letaknya tersebar di berbagai tempat di papan permainan dengan cara berjalan ke arah wortel-wortel tersebut.

Terdengar sangat sederhana dan mudah, bukan? Tunggulah sampai kalian melangkah dan melihat kotak-kotak yang semula kalian injak itu menghilang dan tidak bisa diinjak lagi. Yup, halangan utama yang akan kalian temukan adalah terraforming yang mungkin terjadi karena sang kelinci terlalu gemuk.

Kalian harus memikirkan strategi dan berusaha menemukan rute yang paling akurat untuk membantu sang kelinci dapat berjalan ke arah setiap wortel dengan memanfaatkan kotak dan halangan yang tersedia. Tentunya, tanpa menyisakan satu wortel pun di dalam papan permainan.

Bila kalian lebih menyukai binatang lain atau kalian menginginkan sesuatu yang lebih 'nyeleneh,' tim pengembang menyediakan berbagai karakter yang bisa digunakan di dalam game mobile ini. Ada lebih dari 20 karakter, termasuk karakter hantu, yang tersedia untuk dimainkan. Jadi, mainkanlah karakter mana pun yang kalian sukai dalam menyelesaikan berbagai puzzle yang tersaji.

Untuk mendapatkan karakter-karakter tambahan tersebut, kalian harus menggunakan koin yang kalian dapatkan setelah berhasil menyelesaikan sebuah level. Setiap karakter dipatok memiliki harga yang berbeda-beda dan cukup mahal. Jadi, pilihlah karakter mana yang paling kalian sukai saja. Tapi, jika pilihan karakter nyatanya tidaklah menjadi masalah buat kalian, maka kalian bisa saja menggunakan koin untuk membeli telur (gacha) yang harganya lebih murah, dan jika dibuka akan mengeluarkan karakter tambahan secara acak.

Ketika karakter lain dipilih, maka papan permainan secara otomatis akan berubah, menyesuaikan dengan karakter apa yang telah kalian pilih. Lebih dari itu, kalian bahkan bisa mengubah suasana papan permainan dari siang menjadi malam. Fitur ini memang hanya kosmetik saja, tetapi rasanya menyenangkan untuk sesekali bisa berganti suasana permainan secara menyeluruh saat permainan terasa semakin sulit.

Kalau dilihat dari sisi grafis, Cute Munchies mungkin terlihat sebagai game mobile yang lucu, dan memang itulah faktanya. Namun, jangan tertipu dengan penampilannya, karena game mobile ini bisa menjadi lebih sulit dari apa pun, terutama ketika kalian telah mencapai level yang lebih tinggi.

Setiap chapter memiliki jumlah level yang berbeda. Pada dua chapter pertama, kalian akan berhadapan dengan sebelas level berbeda, sedangkan pada chapter ketiga kalian akan mendapatkan dua belas level tambahan. Setiap satu chapter terselesaikan, papan permainan akan secara otomatis mengeluarkan satu halangan baru yang bakal menambah kesulitan.

Setiap level juga memiliki kemungkinan berbagai rute penyelesaian yang berbeda, sehingga kalian bisa mencoba-coba untuk menemukan dua rute berbeda di level yang sama. Game mobile ini tidak menyediakan fitur undo, sehingga jika kalian salah mengambil langkah, maka kalian harus mengulangi setiap langkah yang sudah kalian lewati dari awal.

Cute Munchies menyediakan fitur Online Level dan Build Level. Online Level adalah tempat di mana kalian dapat memainkan level buatan orang lain, sedangkan Build Level adalah tempat di mana kalian dapat membuat level milik kalian sendiri dan membagikannya ke teman-teman kalian, yang juga memainkan game mobile ini.

Penampilannya yang lucu ternyata diimbangi dengan kesulitan yang semakin bertambah ketika kalian semakin jauh melewati setiap chapternya. Cute Munchies juga kaya akan kustomisasi, sehingga game mobile ini terlihat segar dan berbeda, setiap kali dimainkan.

Adanya kemungkinan jalan keluar yang berbeda, dan kesulitan yang selalu menanjak telah memberikan Cute Munchies sebuah replay value yang dibutuhkan oleh game puzzle. Tambahkan lagi dengan fitur membuat level sendiri dan memainkan level orang lain, maka kalian akan mendapatkan sebuah game mobile yang mampu menghabiskan waktu kalian, mungkin hingga seumur hidup. Jadi, siapa yang sekarang ingin membantu sang kelinci untuk mengumpulkan wortel-wortelnya?

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top