REVIEW

7 Aplikasi Hemat Kuota Intenet bagi Pecinta Media Sosial

by Dikdok | 12 Apr 2017
7 Aplikasi Hemat Kuota Intenet bagi Pecinta Media Sosial

Menghabiskan waktu luang bersama dengan berbagai media sosial yang kita geluti memang terasa sangat menyenangkan. Apalagi, dengan kian banyaknya media sosial yang ada saat ini. Bukan hanya sekedar berkomunikasi saja, namun kita juga dapat mencari lebih banyak informasi hingga bahkan bermacam hiburan menyenangkan yang tersaji di dalamnya. Namun sayangnya, semakin sering mengakses media sosial maka kuota internet yang kita miliki pun semakin terkuras habis. Apalagi, kebanyakan aplikasi media sosial tersebut memang cukup banyak dalam hal memakan kuota internet.

Beruntunglah bagi kalian, karena sejumlah pengembang aplikasi mobile pun cepat tanggap akan adanya permasalahan tersebut. Mereka pun merilis versi ‘Lite’untuk masing-masing aplikasi mobile-nya, yang hadir dengan lebih hemat kuota internet dan juga tidak boros baterai. Oleh karena itu, Jurnal Apps dalam artikel kali ini akan menjelaskan beberapa aplikasi media sosial versi Lite yang bisa kalian gunakan demi mendukung kegiatan berselancar di berbagai media sosial dalam keseharianmu!

1. Facebook Lite

Facebook dikenal memiliki aplikasi mobile yang sangat menguras kuota dan baterai milik para penggunanya. Tidak jarang, pengguna smartphone yang menyisipkan Facebook sebagai aplikasi mobile yang dimilikinya jadi mengeluh akan borosnya pemakaian kuota dan baterai.

Namun, Facebook sebenarnya juga memiliki aplikasi versi Lite yang dinamakan Facebook Lite. Dengan begitu, apabila pengguna hanya menggunakan smartphone dengan spesifikasi pas-pasan, memori internal kecil, dan koneksi serta kuota yang terbatas, maka Facebook Lite bisa menjadi solusinya

Aplikasi mobile ini hanya menggunakan sedikit ruang memori, lebih sedikit menggunakan data, lebih hemat baterai, dan dapat digunakan pada berbagai jenis smartphone Android, baik tipe lama mau pun baru.

2. Twitter Lite

Belum lama ini, Twitter juga telah memperkenalkan Twitter Lite untuk para pengguna yang tak menginginkan kuota internetnya jadi cepat habis, atau pun sedang berada di daerah dengan kecepatan akses internet yang lambat.

Twitter versi Lite ini dapat diakses melalui website mobile-nya, yakni mobile.twitter.com, dan akan mengkonsumsi data hingga 40 persen lebih sedikit dibandingkan versi aplikasi mobile biasanya. Bahkan, jika ditambah dengan menggunakan fitur-fitur pengatur data lainnya, seperti data saver, penggunaan data pun semakin bisa diturunkan hingga mencapai 70 persen.

3. LINE Lite

LINE nyatanya juga memiliki versi Lite dari aplikasi perpesanan online yang mereka miliki. Dengan menggunakan versi Lite yang dihadirkan oleh LINE ini, kalian pun dapat menghemat pengeluaran terkait konsumsi kuota internet yang dimiliki.

4. SlideChat

SlideChat diciptakan khusus untuk para penggguna yang masih menggunakan smartphone entry-level yang memiliki memori internal dan RAM yang sangat terbatas. Contohnya, smartphone Android dengan RAM sebesar 512 MB atau 1 GB dan memori internal selebar 4 GB atau 8 GB.

Dengan berbekal SlideChat ini, para pengguna dapat membuka Facebook dan Twitter dalam satu aplikasi. Karena, aplikasi mobile ini memang didesain secara khusus dengan 3 tab utama, yakni Facebook, Facebook Messenger, dan Twitter. Jadi, sangatlah mudah untuk berpindah-pindah, dari satu halaman ke halaman yang lain.

5. YouTube Go

YouTube juga belum lama ini baru saja meluncurkan aplikasi versi Lite-nya yang dinamakan YouTube Go.

YouTube Go ini dirancang untuk dapat bekerja pada koneksi internet yang lambat dengan kualitas video yang disajikan bakal berkisar antara 144p hingga 360p. Selain dapat menyimpan video untuk ditonton secara offline, pengguna juga dapat berbagi video kepada orang lain dengan menggunakan kemampuan WiFi Direct mau pun jaringan bluetooth melalui layanan yang diberikan oleh YouTube Go ini.

6. Opera Mini

Selain menggunakan aplikasi-aplikasi mobile yang telah disediakan, maka cara lain untuk menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan aplikasi browser Opera Mini yang sudah terbukti ampuh dalam hal penghematan kuota.

Seiring dengan perkembangannya, Opera pun menghadirkan banyak fitur di Opera Mini. Di antaranya adalah pemblokiran iklan, tampilan malam, dan mode hemat data yang tinggi, ekstrim, atau pun otomatis.

7. Opera Max

Jika kalian membutuhkan semua fitur yang ditawarkan oleh pihak media sosial, Opera Max merupakan salah satu aplikasi mobile yang harus ikut disisipkan pada smartphone-mu.

Opera Max dapat menyelamatkan kalian dari penggunaan kuota yang boros. Dengan menyalakan Opera Max, konten-konten yang bakal ditampilkan akan dikompres terlebih dahulu sebelum mencapai smartphone milik kalian, hingga mampu menghemat data hingga 50% jika dibandingkan dengan langsung menggunakan aplikasi media sosial kalian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top