TIPS

Tips Ampuh untuk Amankan Akun Instagram

Conny   28 Mar 2017
Tips Ampuh untuk Amankan Akun Instagram

Makin majunya zaman, cara-cara yang ditempuh hacker untuk membobol akun media sosial pun makin menyeramkan. Dari serangan tak langsung dengan memancing korbannya untuk melakukan klik pada url tertentu hingga serangan langsung dengan mengirimkan malware ke perangkat milik sang target.

Nah, melalui artikel kali ini, JurnalApps akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang menguatirkan akun Instagram milikmu bakal dijebol, atau parahnya pernah kecolongan alias dibajak, dengan beberapa tips yang mudah-mudahan ampuh dan bisa menjadikannya lebih aman dari tangan-tangan jahil.

1. Sering berganti password & mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication

Janganlah pernah menganggap para penjahat online sebagai sesuatu yang remeh. Selain melakukan phising melalui e-mail jebakan, mereka juga sudah mulai menggunakan malware untuk mengambil alih akunmu. Oleh karena itu, fitur Two-Factor Authentication terbilang berguna, utamanya bagi para admin yang memegang sejumlah akun Instagram. Caranya pun terbilang gampang, hanya perlu mengakses ke “Option” melalui aplikasi Instagram. Lantas, pilihlah Two-Factor Authentication.

Sebelumnya, pastikanlah agar nomor handphone kalian telah terdaftar lebih dulu. Selanjutnya, setiap ada yang melakukan login ke akun milikmu, instagram nantinya bakal meminta kode verifikasi ke nomor handphone kalian. Jadi, tanpa adanya kode verifikasi, dijamin tidak ada pihak lain yang bakal bisa login.

2. Jangan lupa melakukan logout setelah mengakses Instagram di browser

Meski pun kita tidak bisa mengunggah foto mau pun video melalui Instagram via browser, tapi beberapa opsi penyetelan terutama di bagian Edit Profile bisa diacak-acak pihak lain jika ada yang berhasil mengakses akun milikmu. Mulai dari foto hingga penyetelan terkait nomor handphone.

Jadi, janganlah sampai terlupa untuk selalu melakukan logout setelah mengakses Instagram di browser.

3. Ubahlah akun jadi Private Account

Bukan rahasia lagi bahwa Instagram kerap dijadikan wahana untuk berjualan. Tapi, tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk menyebarkan konten-konten tak jelas alias hoax yang bisa mendorong kalian untuk melakukan sesuatu yang tidak logis mau pun tak terpuji.

Contohnya bisa dibuktikan dengan mencoba mampir ke akun orang yang tak dikenal. Jika melakukan klik pada link di bagian profilnya, mungkin link yang kalian buka tersebut nyatanya adalah sebuah jebakan.

4. Gunakan handphone lama untuk melakukan verifikasi

Sebenarnya, tips terakhir ini hanyalah untuk berjaga-jaga saja. Misalnya smartphone milikmu ternyata sudah banyak dijangkiti malware hingga semua fitur yang terdapat di dalamnya, termasuk SMS, dapat diakses oleh pihak luar.

Nah, kalian bisa membeli handphone lama alias jadul, yang fungsinya cuma untuk menerima SMS dan menelpon saja. Hal ini juga bisa berlaku untuk yang memiliki banyak akun media sosial selain Instagram. Jadi, kalian masih memiliki cadangan langkah keamanan apabila smartphone milikmu ternyata bermasalah dengan keberadaan malware.

Itulah beberapa tips dari kami. Semoga bermanfaat, ya. Kata orang-orang yang bijak, kejahatan dapat terjadi bukanlah hanya dikarenakan adanya niat dari sang pelaku saja tapi juga bisa karena adanya kesempatan. Jadi, waspadalah selalu dalam tiap kondisi. Lebih baik mengantisipasi yang tidak-tidak.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top