NEWS

Instagram Akan Buramkan Konten Bermuatan Sensitif

Dikdok   22 Mar 2017
Instagram Akan Buramkan Konten Bermuatan Sensitif

Sebagai upaya untuk menjadi media sosial yang aman bagi para penggunanya, Instagram kali ini berencana untuk untuk memburamkan konten foto dan video yang dianggap bermuatan sensitif dengan diimbuhi peringatan berbunyi “Foto ini mengandung konten sensitif yang mungkin akan membuat orang lain tersinggung atau terganggu.”

"Perubahan ini memberikan kemungkinan kecil bagi pengguna untuk melihat konten yang tak diinginkan di dalam aplikasi," jelas pihak Instagram melalui blog resminya.

Nantinya, setiap postingan yang dianggap mengandung konten bermuatan sensitif, maka foto atau pun video dalam postingan tersebut akan diburamkan. Penilaian sebuah konten masuk ke dalam kategori sensitif sendiri nantinya akan dilakukan oleh moderator Instagram dengan didukung oleh laporan dari pengguna lainnya.

Namun, bukan berarti konten yang disensor itu tidak akan bisa diakses selamanya. Pihaknya memastikan bahwa sensor tersebut bisa dibuka dengan mengetuk sekali pada foto atau video yang terkena sensor. Itu berarti Instagram tetap memungkinkan penggunanya untuk mem-posting konten sensitif, akan tetapi dengan resiko bakal diburamkan sebagai tanda peringatan.

Mengenai jenis postingan yang dianggap masuk ke dalam sebuah konten sensitif, Instagram menyebutkan bahwa kekerasan menjadi salah satu konten yang akan diburamkan. Selain itu, sebuah postingan yang memuat konten mengenai sebuah peristiwa kelaparan atau dampak perang juga akan dianggap sebagai sebuah konten sensitif.

Pihak Instagram rencananya juga akan memperluas jangkauan sensor pemburaman mereka untuk konten yang eksplisit menampilkan seksual.

Selama ini, Instagram sebenarnya telah melarang dan akan memblokir postingan foto atau video yang telah secara jelas melanggar peraturan, seperti mengandung unsur-unsur pornografi dan kekerasan. Tetapi, postingan yang bersifat hanya “menyerempet” biasanya akan dibiarkan. Dengan hadirnya pengembangan ini, Instagram seakan menegaskan bahwa platformnya telah bertransformasi menjadi platform yang jauh lebih aman dibandingkan sebelumnya.

Mengenai pemberlakuan sistem pemburaman ini, Instagram sendiri hanya menyebutkan akan menerapkannya dalam kurun waktu secepat mungkin.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top