EKSKLUSIF

Aplikasi Dalam Berita Episode 11 - Hari Musik Nasional - Don’t Stop the Challenge!

Conny   09 Mar 2017
Aplikasi Dalam Berita Episode 11 - Hari Musik Nasional - Don’t Stop the Challenge!

Jatuh pada tanggal 9 Maret setiap tahunnya, Hari Musik Nasional adalah sebuah hari yang dirayakan secara bersama-sama oleh seluruh pegiat dan pecinta musik di seantero Indonesia. Ditetapkan melalui Keppres No. 10 tahun 2013 dan dirayakan secara resmi secara nasional sejak 4 tahun lalu, hari tersebut dirayakan secara nasional untuk menghargai banyaknya manfaat yang telah dibawa oleh musik sebagai ekspresi budaya yang universal dan representasi atas nilai-nilai luhur kemanusiaan dalam kehidupan.

Tanggal 9 Maret dipilih untuk ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional karena tanggal itu merupakan hari lahirnya Wage Rudolf Soepratman pada tahun 1903. Beliau adalah pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya," yang juga telah banyak berjasa terhadap musik nasional. Sayangnya, WR Soepratman wafat pada 1938 sehingga beliau sendiri tidak sempat untuk secara langsung menyaksikan hasil karyanya tersebut dinyanyikan secara resmi untuk pertama kalinya pada saat pembacaan teks proklamasi 17 Agustus 1945.

Hari nasional untuk musik ini mengingatkan kita bahwa kehadiran musik di Indonesia dengan beragam keunikannya bisa membuat kita sejenak meninggalkan masalah dalam kehidupan dengan memainkan instrumen musik dan bersorak gembira. Ditetapkannya hari ini juga didasari pentingnya musik dalam budaya kita. Melalui berbagai cara, musik telah menyatukan para pembuat dan penikmat musik serta masyarakat secara luas. Musik memiliki kekuatan menyembuhkan, menghubungkan, dan menginspirasi.

Menjelang akhir kuartal pertama tahun 2017 ini, sebuah game mobile mendadak sontak jadi booming di internet. Yang membuat Don’t Stop! Eighth Note jadi unik adalah 'kemampuannya' yang bisa membuat pemainnya mesti berteriak-teriak. Dirilis oleh Boltfish, publisher asal China, game mobile ini telah tampil dalam banyak video yang dimainkan oleh gamer-gamer dari negara itu. Ekspresi mereka yang kocak saat memainkan Don't Stop! Eighth Note telah menimbulkan semacam ketertarikan tersendiri di dunia maya.

Begitulah, game mobile bergaya platformer ala Super Mario Bros. ini ternyata hanya bisa dimainkan melalui suara-suara yang dikeluarkan oleh para pemainnya. Dengan nada suara yang pelan, karakter pemain yang berbentuk seperti not balok tersebut akan berjalan lurus secara side scrolling ke arah kanan. Sementara jika nada suara yang dikeluarkan pemain semakin kencang atau keras, maka sang karakter akan bisa melompat, yang mesti dilakukan untuk menghindari berbagai rintangan atau jurang.

Sayangnya, game Don’t Stop! Eighth Note ini hanyalah bisa diunduh untuk platform iOS saja. Hal ini dikarenakan game mobile tersebut tidak dapat ditemukan melalui Play Store dikarenakan asalnya yang dari China. Seperti yang telah diketahui, China sendiri telah melakukan ban terhadap semua produk Google, termasuk Play Store. Namun, kalian tetap bisa memainkan Don’t Stop! Eighth Note dengan men-download APK-nya dari beberapa website terpercaya. Salah satunya bisa diakses di tautan ini.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top