REVIEW

Potion Explosion, Saatnya Membuat Ramuan Ajaib

Anduril   09 Mar 2017
Potion Explosion, Saatnya Membuat Ramuan Ajaib

Asmodee Digital meneruskan langkahnya dalam mendigitalisasikan berbagai board game. Sebelumnya, mereka telah membuat Ticket to Ride dan Splendorm. Dan sekarang, giliran Potion Explosion buatan Horrible Games di tahun 2015 yang mereka garap.

Dalam berbagai aspek, game mobile ini mengingatkan kami akan Candy Crush atau pun puzzle lainnya yang menggunakan konsep match-3. Dengan orbs berwarna cerah yang harus digabung-gabungkan agar mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan. Pada awalnya, konsep Potion Explosion terlihat sederhana. Tetapi layaknya board game lainnya, kalian akan mendapatkan berbagai twist yang membutuhkan sebuah analisa yang mendalam.

Potion Explosion men-support dua hingga empat pemain, baik secara online mau pun offline. Offline bisa dimainkan bersama AI dengan dua tingkat kesulitan (easy atau hard), atau dengan pemain lainnya dengan cara bergantian dengan menggunakan satu smartphone. Seluruh elemen desain dari game mobile ini bekerja dengan baik, walau pun rasanya ada beberapa feel yang hilang bila dibandingkan dengan versi board gamenya.

Tujuan utama dari Potion Explosion adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara mengerjakan potion yang ada di hadapan kita. Bila kalian berhasil menyelesaikan satu potion, maka kalian bisa memilih potion lainnya. Setiap potion membutuhkan orbs dengan warna yang berbeda-beda, dan kalian bisa mengumpulkan orbs-orbs ini di rak yang ada di bagian kiri. Bila kalian bisa menggabungkan dua orbs atau lebih, maka orbs tersebut akan bereaksi dan menjadi milik kalian. Bila ada orbs yang tidak terpakai, orbs tersebut bisa disimpan di botol ramuan yang ada di bagian bawah kiri. Pada awalnya, kalian pasti akan kesulitan untuk mengerti mekanisme gameplay-nya. Tetapi, lama-kelamaan, kalian akan memahaminya dengan mudah.

Setiap potion yang berhasil kalian buat bisa dipakai efeknya. Ada berbagai efek yang menguntungkan dan bahkan bisa mengganggu lawan. Jadi, kalian harus menggunakan setiap kesempatan dan potion yang kalian miliki untuk membuat potion lainnya, dan menjegal lawan kalian dalam mengumpulkan orbs yang mereka butuhkan.

Kalian juga harus mengumpulkan medali untuk menyelesaikan permainan. Ada dua cara untuk mengumpulkan medali, yaitu dengan cara membuat lima potion yang berbeda atau membuat tiga potion yang sama secara terus-menerus. Beberapa potion memiliki efek yang sama tetapi bahannya berbeda. Jadi, kalian harus benar-benar teliti dalam memilih potion apa yang hendak kalian kerjakan.

Online mode bekerja dengan baik. Kalian bisa mengatur waktu yang disediakan di setiap giliran. Bila lawan melewati waktu tersebut, maka mereka akan dipaksa untuk berjalan dan waktu yang diberikan untuk mereka akan semakin singkat.

Grafis dalam Potion Explosion sangatlah sederhana tetapi enak untuk dilihat. Keseluruhan gameplay terjadi di dalam satu layar. Kalian tidak akan menemukan kesulitan apa pun dalam memahami UI yang disediakan. Satu-satunya kelemahan justru datang ketika kita bermain dengan AI, sebab mereka akan mengeluarkan simbol-simbol yang pada awalnya akan sulit untuk dimengerti. Tetapi begitu kalian terbiasa, simbol-simbol tersebut bisa kalian jadikan acuan untuk langkah kalian berikutnya.

Potion Explosion bukanlah sebuah puzzle yang revolusioner, tetapi Asmodee Digital mendigitalisasikannya dengan baik. Dengan adanya versi digital ini, para pemain puzzle yang belum pernah merasakan serunya bermain board game, bisa mencoba game mobile ini terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan bermain atau jatuh cinta dengan board game. Harga yang ditawarkan Asmodee juga tidak terlalu mahal. Hanya dengan Rp 66.000, kalian sudah bisa memainkan Potion Explosion.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top