NEWS

Kini, Mencari Konten Musik Lebih Mudah dengan Google

by Dikdok | 09 Mar 2017
Kini, Mencari Konten Musik Lebih Mudah dengan Google

Bagi sebagian orang, informasi mengenai musik merupakan salah satu hal yang sangat mereka butuhkan. Bahkan di Indonesia sendiri, musik menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari pada mesin pencarian Google. Hal ini diutarakan secara langsung oleh Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia, di sela-sela peluncuran fitur baru aplikasi Google Search pada 7 Maret 2017 lalu.

"Musik adalah salah satu topik paling dicari di Google Indonesia. Kami telah mengembangkan fitur ini untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi paling komprehensif dan cepat melalui ponsel, " jelas Mira Sumanti.

Ya, Google Indonesia memang baru saja memperkenalkan fitur terbaru untuk membantu para pecinta musik untuk menemukan informasi seputar musik dengan lebih mudah dan cepat. Fitur pencarian musik secara komprehensif ini bisa diakses melalui Google App mau pun lewat peramban.

“Fitur ini kami kembangkan untuk Indonesia agar para pengguna di Indonesia bisa menemukan informasi yang lengkap dengan lebih cepat melalui ponsel,” kata Mira Sumanti, melanjutkan.

Mengenai pembaruan yang meraka bawa, Google memperkenalkan dua fitur terbaru.

Fitur pertama yang diperkenalkan Google adalah sebuah fitur berupa Knowledge Panel, yang didesain untuk bisa menampilkan berbagai informasi yang paling banyak dicari netizen terkait musik. Panel khusus tersebut digunakan untuk menampilkan informasi terkait musisi, album, dan lirik lagu. Google sendiri akan langsung menampilkan panel tersebut pada halaman muka, sehingga pengguna tak perlu mengunjungi situs bersangkutan.

Sementara itu, fitur kedua yang dikembangkan Google adalah akses pengaturan bagi musisi dan figur publik lainnya untuk menyampaikan informasi lewat hasil penelusuran Google mereka. Dengan fitur ini, figur publik yang telah terverifikasi bisa memanfaatkan Google untuk memberikan update terkini soal konser mau pun album yang mereka rilis.

“Terlepas dari musik, masyarakat Indonesia juga mengandalkan mesin pencarian Google untuk mencari informasi tentang travel, makanan, dan tempat hiburan. Fokus kami adalah terus memberikan pengalaman menelusuri informasi yang lebih baik, lebih mudah, dan lebih cepat bagi masyarakat Indonesia, menggunakan teknologi terbaik yang dimiliki Google,” ungkap Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia.

Fitur pencarian musik sebelumnya juga sudah diaplikasikan dalam sejumlah layanan streaming musik, seperti Spotify dengan Discover dan Discovery Mix pada Apple Music. Berikut seperti dilansir dari TechInAsia pada Kamis (09/03/2017).

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top