NEWS

LINE Hadirkan Asisten Virtual Clova

by Dikdok | 03 Mar 2017
LINE Hadirkan Asisten Virtual Clova

LINE baru saja mengumumkan hasil kolaborasinya dengan NAVER Corporation dalam menghadirkan sebuah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) yang diberi nama Clova - Cloud Virtual Assistant - di Mobile World Congress, Barcelona (Spanyol).

Dengan menggabungkan pengetahuan yang mereka kumpulkan dari berbagai sumber, LINE kini mampu meluncurkan platform AI yang dapat melakukan banyak hal, dan memungkinkan para penggunanya untuk dapat memanfaatkan Clova dengan bahasa mereka sendiri untuk produk yang lebih natural dan intuitif.

“Artificial Intelligence sendiri merupakan proyek terpenting kami di LINE, dan mewakilkan paradigma pergeseran yang sama dramatisnya dengan kebangkitan smartphone satu dekade lalu. Platform Clova memungkinkan layanan LINE yang sudah ada saling terhubung, menggerakkan pengguna pasca-touch, pasca-display, dan bahkan pasca-Smart Portal, ke masa depan. Kami bertujuan untuk membuat Clova sebagai platform Cloud AI terdepan di Asia.” ujar CEO LINE Corp, Takeshi Idezawa.

Idezawa juga menyebutkan bahwa kecanggihan dan kegunaan dari Clova sendiri dibagi berdasarkan empat kekuatan, yaitu teknologi berbasis chat dari LINE, teknologi pencarian dari NAVER, berbagai layanan dan konten yang kaya dari LINE dan NAVER serta Big Data yang diakumulasi dari pengguna LINE dan NAVER yang luas.

Seperti dilansir dari Tech Times pada Jum'at (3/3/2017), Clova sendiri direncanakan akan dijadikan sebagai pusat dari platform AI dan akan berfungsi sebagai mitra untuk berbagai asisten pribadi layanan lainnya, seperti Alexa, Cortana, dan juga Google Assistant. Dengan Clova, nantinya akan dimunculkan kemampuan untuk memberikan informasi tentang cuaca, bermain musik, dan memberikan penawaran terjemahan bahasa.

Selain menciptakan sebuah program kecerdasan buatan yang hidup dalam aplikasi chat LINE, perusahaan ini juga berencana untuk merilis sebuah speaker dan bekerjasama dengan pengembang pihak ketiga yang akan bersedia untuk mengintegrasikan AI ke dalam produk mereka. Sony, LG, dan Tomy telah menyatakan minat mereka dalam mengembangkan produk yang akan mengintegrasikan Clova. Dengan bermitra bersama perusahaan lain, LINE berharap bahwa AI akan menjadi semacam pusat untuk berbagai macam produk konsumen dan perangkat rumah pintar.

Clova sendiri dijadwalkan akan hadir pada awal musim panas mendatang. Dimulai dari peluncuran di negara Korea dan Jepang, dan akan segara diperluas ke wilayah-wilayah lainnya secara bertahap.

Pada fase pertama peluncuran Clova, perangkat dan aplikasi yang dihubungkan dengan Clova Interface Connect (CIC) akan terbatas untuk produk-produk yang dikembangkan oleh LINE dan NAVER sendiri. Namun, ketika ekosistem diperluas pada fase selanjutnya, platform ini akan dibuka untuk pihak ketiga.

Demikian pula halnya dengan konten dan layanan yang terhubung dengan Clova melalui Clova Extension Kit (CEK) akan dimulai dengan produk yang dimiliki oleh LINE dan NAVER terlebih dulu. Barulah ke depannya juga akan dibuka untuk pihak ketiga.

Tujuannya adalah untuk menciptakan ekosistem yang berkembang dalam hal konten, layanan, dan perangkat dengan berbagai mitra, sehingga memungkinkan platform Clova untuk memiliki jangkauan yang luas dan berkembang dari waktu ke waktu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top