REVIEW

The Walking Dead: Road to Survival, Game Zombie Rasa Strategi

by Anduril | 22 Feb 2017
The Walking Dead: Road to Survival, Game Zombie Rasa Strategi

Sudah tidak terhitung banyaknya game, termasuk yang dirilis untuk platform mobile, yang dibuat dari serial TV yang merupakan adaptasi komik karya Robert Kirkman ini. Tetapi tampaknya, selalu ada cara baru untuk membawa para zombie ke layar smartphone kalian. Seperti misalnya game The Walking Dead: Road to Survival buatan IUGO yang dipublikasikan oleh Scopely ini.

Game ini menawarkan strategi bernuansa kelam yang mengharuskan kita untuk bisa mengambil keputusan tanpa kompromi demi bertahan hidup, dan tentunya demi melakukan login setiap hari. Seperti biasa, para zombie ini akan menawarkan segala ketegangan yang memberikan batasan tipis antara menjadi santapan para zombie atau bisa hidup untuk sehari lagi.

Sebagai koloni yang harus bertahan dari serbuan para zombie, kita bisa merekrut berbagai karakter khas The Walking Dead seperti Rick, Michone, Andrea, dan Glen. Selain itu, kita juga bisa membeli senjata unik seperti katana andalan Michonne dan pistol milik Rick. Tim ini akan bertarung untuk melawan para survivor lain dan juga para “Walker,” yang merupakan sebutan para zombie di The Walking Dead.

Karena berupa koloni, maka kita juga diminta untuk membangun sebuah kamp yang kuat dan aman dengan tembok tinggi yang melindungi kalian dari serangan zombie. Kalian juga harus memenuhi semua kebutuhan hidup para survivor di kamp tersebut. Beberapa bagian cerita pun mengharuskan kita untuk mengambil berbagai keputusan yang disediakan pilihannya.

Yang membuat game The Walking Dead: Road to Survival ini jadi menarik, adalah perjalanan cerita yang kita bangun dari awal permainan dapat menentukan hasil akhir cerita yang berbeda. Jadi, para pemain akan mendapatkan hasil akhir dengan jalan cerita yang berbeda-beda. Rasanya, dalam setahun ini, fitur seperti ini jarang ada di game-game strategi lainnya, terutama yang dirilis untuk platform mobile.

Sayangnya, The Walking Dead: Road to Survival tidak mengangkat semua plot cerita dari The Walking Dead, melainkan hanya berfokus pada konflik antara grup survivor Rick Grimes yang memberontak melawan The Governor dan pasukan Woodbury. Untuk bertarung melawan pasukan The Governor, kita harus membangun markas (home base) dan merekrut para surivor lain untuk bergabung.

Setiap misi yang berhasil diselesaikan akan memberikan berbagai bahan pokok yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan markas, baik itu berupa rumah, gudang, mau pun lahan pertanian, juga meningkatkan kemampuan bertarung dari para survivor.

Tidak seperti tipikal game zombie lainnya, The Walking Dead: Road to Survival ini menggunakan sistem turn-based combat yang sangatlah mudah untuk dimengerti. Ketika kita melawan zombie, setiap giliran yang dijalankan akan membuat zombie bergerak semakin mendekat. Jadi, ketika tim kita memiliki kemampuan serangan yang tinggi, zombie-zombie ini akan mudah dikalahkan. Sementara, jika kita bertarung melawan manusia, lawan juga akan melakukan serangan langsung ke tim kita secara bergantian, setelah semua tim mengakhiri gilirannya.

Masing-masing karakter pun memiliki kemampuan khusus dan tingkat serangan yang berbeda-beda. Jadi, ada baiknya bagi kita untuk mengatur serangan sesuai dengan karakter yang kita gunakan. Peperangan dengan zombie yang ditawarkan memang bukanlah pertempuran massal atau kolosal dengan jumlah karakter yang banyak untuk saling bertempur. Namun sebaliknya, The Walking Dead Roat To Survival menawarkan sebuah pertempuran yang membutuhkan strategi pengaturan serangan dan pemilihan tim yang tepat agar efektif dan bisa memenangkan pertempuran.

Di luar pertarungannya, The Walking Dead: Road to Survival menghadirkan base-bulding dengan semua fitur yang kerap ditawarkan oleh game-game sejenisnya. Game mobile ini akan memaksa kita untuk menghabiskan banyak waktu demi melakukan upgrade bangunan, upgrade pasukan, dan meningkatkan level base camp hingga lebih baik.

Material dasar yang digunakan untuk upgrade bangunan dan pasukan terdiri dari kayu dan makanan. Selain memproduksi sendiri di dalam base camp, kita juga bisa memperolehnya dengan menyerang player lain melalui fitur “Raid.” Dengan Raid ini, kita akan menyerang markas gamer lainnya demi mendapatkan bahan meterial untuk upgrade dan reputasi.

IAP (in-ap purchase) dalam game mobile ini dapat kita gunakan untuk mempercepat proses dalam meng-upgrade, mendapatkan karakter baru, dan senjata yang lebih kuat.

Secara keseluruhan, game The Walking Dead: Road to Survival ini hampir menyerupai gameplay dari game-game mobile bergenre strategi lainnya. Permainan campaign akan membawa kita untuk bertualang dalam menyelesaikan kisah cerita dari serial The Walking Dead. Kehadiran game ini mampu menawarkan permainan yang menarik, selama kalian tidak terganggung dengan IAP yang ditawarkan dan kalian sangat mencintai serial The Walking Dead.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top