REVIEW

Saatnya Menjaga Taman dalam Kamen Rider Atsume

Andy Chan   09 Feb 2017
Saatnya Menjaga Taman dalam Kamen Rider Atsume

Tentunya, sebagian dari Anda sudah mendengar mengenai sebuah mobile app bernama Neko Atsume: Kitty Collector. Dalam mobile app yang bertemakan kucing tersebut, pemain mengumpulkan kucing dengan cara memancing mereka dengan makanan lezat atau pun berbagai mainan di kebun. Nah, game mobile buatan Hit-Point tersebut ternyata memiliki spinoff yang merupakan kolaborasi antara mereka, Kemco, dan Toei Company serta diberi judul Kamen Rider Atsume.

Bagi penggemar tokusatsu, tentunya tidaklah asing lagi dengan yang namanya Kamen Rider. Ya, seri pahlawan bertopeng tersebut kini hadir sebagai karakter imut-imut di ponsel Anda. Kamen Rider yang dihadirkan juga cukup lengkap. Mulai dari Kamen Rider Ichigo sampai ke yang terbaru, Kamen Rider EX-Aid, termasuk Kamen Rider-Kamen Rider sampingan macam Knight dan Mach.

Sama halnya seperti Neko Atsume: Kitty Collector, Kamen Rider Atsume memang lebih pantas disebut sebagai sebuah mobile app daripada disebut sebagai sebuah game mobile. Karena, boleh dibilang, sisi gameplay-nya benar-benar minim (malah bisa dibilang tidak ada). Begitulah, meski pun disebut sebagai game mobile, namun Kamen Rider Atsume pada intinya lebih merupakan sebuah waiting simulator, dimana penggunanya hanyalah melakukan setup atas sebuah taman saja.

Bedanya, apabila di Neko Atsume: Kitty Collector yang disusun oleh pemain adalah kebun, maka yang disusun pada Kamen Rider Atsume adalah sebuah taman bermain. Yang datang, tentunya bukanlah kucing yang "chilling out" di kebun, melainkan anak-anak yang bisa menikmati fasilitas yang sudah Anda susun di taman bermain tersebut. Tapi, taman tersebut ternyata tidak aman, karena ada berbagai pasukan Shocker dan monster yang siap mengganggu anak-anak yang bermain dan membuat mereka jadi menangis. Teganya Shocker! Namun, jangan khawatir, dengan memasang heart pada taman tersebut, seperti Heart of Trust, Heart of Bravery, dan sebagainya, akan ada Kamen Rider yang nantinya siap membela anak-anak tersebut dari pasukan Shocker dan monster-monster mereka.

Anda bisa membelikan berbagai macam mainan taman untuk dipasang di taman bermain tersebut. Setiap barang memiliki ukuran tertentu, jadi tidaklah bisa sembarangan untuk dipasang. Tapi, jangan khawatir, Anda nantinya bisa membeli ekspansi taman di toko untuk memperluas lokasi tempat bermain anak-anak menjadi semakin menarik dan bagus.

Uniknya, pasukan Shocker mau pun Kamen Rider tidak akan langsung datang begitu saja. Anda harus menutup mobile app-nya terlebih dahulu dan mendiamkannya untuk beberapa lama agar para anak-anak bisa menikmati bermain di taman sebelum mulai diganggu oleh para penjahat. Mereka akan datang dan pergi tanpa perlu Anda perhatikan, Anda hanya perlu memeriksa Heart-nya saja agar jangan sampai kosong.

Setiap Kamen Rider yang hadir di taman Anda akan memberikan hadiah berupa bola kecil. Bola inilah yang menjadi mata uang untuk Anda habiskan di toko in-game dan membeli berbagai barang-barang yang lebih bagus dengan tujuan memperbagus taman.

Sebagai game free-to-play, Kamen Rider Atsume juga memiliki mata uang premium berupa bola emas. Jika memerlukan bola emas, disediakan penukaran bola biasa ke bola emas di toko dengan rasio 500 bola biasa untuk 10 bola emas. Bisa juga dilakukan kebalikannya, 10 bola emas untuk 250 bola biasa. Bola emas ini berguna untuk membeli barang-barang premium di toko in-game, yang tentunya akan membuat taman bermain Anda menjadi lebih menarik perhatian anak-anak, dan juga para Kamen Rider. Sedikit kekurangan dari Kamen Rider Atsume ini dibandingkan dengan Neko Atsume: Kitty Collector adalah lebih sulitnya bagi pengguna untuk mengumpulkan uang, karena reward yang diberikan tidaklah seroyal game mobile aslinya.

Tersedia 54 Kamen Rider dengan tampilan chibi yang imut-imut untuk dikoleksi, dan semuanya akan tercatat dalam album Kamen Rider. Memang, tidak ada interaksi langsung dengan para Kamen Rider, namun Anda bisa mengambil foto mereka yang sedang bertarung untuk dimasukkan ke album. Selain album Kamen Rider, ada juga album para monster yang jumlahnya tidak sebanyak para Kamen Rider tentunya.

Kamen Rider Atsume bisa dimainkan tanpa menggunakan koneksi Internet, namun ada satu fitur yang mungkin Anda ingin gunakan secara online, yaitu fitur Connect. Setiap hari, Kamen Rider Atsume akan memberikan sebuah password, dan Anda bisa memasukkan password tersebut di dalam layar koneksi untuk mendapatkan apa yang disebut oleh game-game mobile lainnya sebagai Daily Login Bonus. Masalahnya, password tersebut diberikan dengan menggunakan huruf Kanji, jadi Anda mungkin kesulitan untuk meng-input password tersebut ke layar Daily Login Bonus. Anda bakal memerlukan mobile app Google Japanese Input, dan tentu saja, kemampuan untuk membaca huruf Kanji.

Ya, satu hal yang patut disayangkan sekali dari game mobile ini adalah tampil murni dalam bahasa Jepang. Tidak ada versi bahasa Inggrisn-ya untuk saat ini. Tapi, jika Anda sudah pernah memainkan Neko Atsume: Kitty Collector, game mobile ini kurang lebih sama secara konsepnya, tombol-tombolnya, dan cara bermainnya. Tidaklah terlalu sulit untuk menggunakan Neko Atsume: Kitty Collector sebagai referensi untuk bermain.

Yang mengasyikkan dari Kamen Rider Atsume ini adalah pemain dapat menyalakan game mobile-nya hanya sekitar 1-2 menit, dan kemudian menutupnya kembali tanpa ada tekanan atau pressure apa pun. Yang perlu dilakukan hanyalah mengambil reward dari para Kamen Rider, mengisi kembali Heart, dan mengecek jumlah bola, apakah sudah cukup untuk membeli barang baru untuk menggantikan yang lama atau belum? Benar-benar merupakan game mobile yang bisa membuat relax. Dan, percayalah, senang rasanya bisa melihat anak-anak dengan gembira bermain di taman Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top