REVIEW

Sederhana tapi Asyik, Sambung Kata akan Menghiburmu di Kala Senggang!

Eroneko   05 Feb 2017
Sederhana tapi Asyik, Sambung Kata akan Menghiburmu di Kala Senggang!

Pada saat kita masih kecil dulu, sangat banyak permainan yang bisa dimainkan tanpa menggunakan peralatan apa pun. Mulai dari permainan yang menggunakan jari atau hanya sekedar menggunakan kata-kata. Salah satu permainan yang paling sering dimainkan adalah Sambung Kata, yaitu permainan menyebutkan satu kata yang suku kata depannya tersambung dengan suku kata belakang dari kata sebelumnya. Permainan menarik ini diangkat oleh developer asal Jogja menjadi permainan untuk smartphone milikmu! Penasaran bagaimana permainan ini dimainkan? Baca ulasan JurnalApps berikut ini saja!

Creacle Studio, developer asal Jogja ini, mengangkat permainan yang simpel dan tidak ribet, namun bisa menguji seberapa banyak kosakata dalam bahasa Indonesia yang kalian ketahui. Game mobile yang berjudul Sambung Kata ini baru saja memenangkan lomba 9 Aplikasi Pemuda Pemudi, yang diselenggarakan oleh 9Apps karena kesederhanaan yang diusungnya namun tetap bisa kreatif.

Gameplay

Dengan peraturan dasar sederhana, yaitu menggunakan suku kata yang sama dan menyambungkannya menjadi kata yang baru, permainan ini terlihat sederhana, namun masih mampu menantang pemain untuk memainkannya. Seperti pada judulnya, pemain diharuskan untuk menyambungkan suku kata, namun dibatasi dengan waktu berpikir selama 10 detik. Jika kalian gagal memasukkan kata baru dan baku dalam 10 detik, maka permainan pun akan berakhir. Jika kalian salah memasukkan kata, atau kata yang kalian masukkan tidak baku, maka waktu permainan pun akan dikurangi 3 detik. Di sinilah, keseruan dari game Sambung Kata ini.

Yang menarik, setiap kata yang kalian tuliskan dan benar, akan muncul penjelasan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Jadi, kalian bisa sekaligus belajar mengenai kosakata baru. Penjelasan KBBI ini lengkap dengan penggunaan kata yang tepat pada kalimat atau situasi tertentu, tentunya sangat membantu untuk memperkaya kosakata kalian.

Ada beberapa mode yang bisa kalian mainkan di dalamnya, mulai dari mode “Main Sendiri” dimana kalian bisa memainkan kata secara terus-menerus dengan diri sendiri. Dengan bermain sendiri, kalian biasanya dapat mencapai skor tertinggi karena kata sambungnya pun bisa kalian tentukan sendiri.

Nah, kemudian, ada mode lain, yaitu mode “Lawan Bung Kata” dimana kalian akan melawan komputer atau AI yang bernama Bung Kata. Di sini, kalian bisa menguji kemampuan kalian untuk berpikir cepat demi menuliskan kata yang tersambung dari Bung Kata. Yang menarik, Bung Kata ini sulit dikalahkan, apalagi jika kalian menggunakan kata yang jarang digunakan atau suku kata yang sulit untuk dicari padanan katanya.

Untuk kalian yang ingin bermain bersama teman, juga ada mode multiplayer yang bisa menyambungkan kalian dengan temanmu melalui akun Google Play Games. Fitur ini membuat permainan ini jadi jauh lebih menarik dan kalian bisa saling menjebak kata untuk menjadi yang terbaik. Sayangnya, permainan multiplayer hanyalah sekedar penentuan nilai terbaik, jika dapat dimainkan dalam format real time, mungkin akan lebih menarik.

Satu lagi tambahan dari Sambung Kata yang bisa kalian coba adalah pilihan keyboard. Selain keyboard yang sedang kalian gunakan, kalian juga bisa menggunakan keyboard yang disediakan oleh game “Sambung Kata.” Keyboard ini memiliki warna cerah, animasi menarik, dan juga pengaturan yang membuat keyboard semakin menarik. Sayangnya, keyboard yang disediakan tersebut nyatanya malah memiliki bug yang cukup mengganggu, misalnya tidak mau menghapus dan banyak bug lainnya lagi.

Kesimpulan

Sambung Kata merupakan game mobile yang memiliki potensi, sederhana, mudah dimainkan, dan bisa dikembangkan menjadi game mobile yang lebih menarik. Dengan beberapa mode yang diberikan, kalian bisa bermain bersama teman, komputer, atau pun sendirian. Sayangnya, beberapa bug pada keyboard bawaannya cukup mengganggu permainan. Sebagai game mobile yang dapat di-download secara gratis di Google Play Store, iklan merupakan sumber penghasilan pertama bagi developer. Namun, iklan yang muncul pada game mobile ini cukup mengganggu dan sering dimunculkan secara tiba-tiba. Bagi kalian yang pengguna gadget berbasis iOS harap bersabar dulu, ya. Karena, menurut website resminya, versi iOS dari game asyik nan sederhana ini akan segera muncul. Lantas, bagaimana menurutmu tentang Sambung Kata? Berikan komentar tentang game mobile ini di bawah, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top