NEWS

Resmi, Instagram Live Stories Hadir di Indonesia

Dikdok   02 Feb 2017
Resmi, Instagram Live Stories Hadir di Indonesia

Setelah terlebih dahulu menyambangi sejumlah negara, fitur Live pada aplikasi Instagram resmi diluncurkan di Indonesia.

Pada tanggal 25 Januari 2017, Instagram telah memberikan sebuah pengumuman tentang penambahan fitur Live bagi para pengguna Instagram di Indonesia. Pengumuman yang mereka berikan ini juga diikuti dengan ditambahkannya opsi Live pada Instagram Stories.

Secara prinsip, fitur ini sebenarnya sama persis dengan apa yang dimiliki oleh beberapa aplikasi mobile lainnya, seperti Periscope atau pun Facebook Live. Namun, Instagram membuatnya sedikit agak berbeda. Bila sebuah video yang telah direkam pada Periscope dapat dilihat kembali selama 24 jam, sementara pada Facebook Live akan tersimpan secara permanen. Maka, tidak demikian dengan apa yang diberikan pada Instagram Live, karena video akan segera menghilang sesaat setelah siaran selesai.

Instagram juga membatasi siaran langsung hanya selama satu jam. Pada saat melakukan sebuah siaran langsung, para penonton yang sedang melihat video yang sedang kita rekam dapat memberikan komentar secara langsung pada sebuah kolom yang sudah disediakan.

Selanjutnya, saat seorang pengguna sedang melakukan siaran langsung, pemberitahuan atau notifikasi dari siaran tersebut akan dikiriman ke semua pengguna lainnya yang mengikuti atau follower atas akun pengguna tersebut. Dengan begitu, semua follower bisa menyaksikan siaran tersebut.

Terdapat pula opsi Top Live, dimana opsi ini menampilkan Live Stories terpopuler yang sedang mengudara.

"Kami senang hari ini bisa mengabarkan bahwa live video di Instagram Stories - cara baru terhubung dengan teman dan follower kalian - akan mengudara ke seluruh dunia pekan depan," tulis Instagram dalam sebuah pengumuman di blog resminya.

Fitur ini sebelumnya memang sudah gencar dikembangkan oleh pihak Instagram. Pada beberapa bulan lalu, Instagram memang telah mengonfirmasikan bahwa mereka berencana akan meluncurkan Live Stories.

Di Indonesia, fitur anyar ini sudah bisa digunakan. Dengan syarat, aplikasi Instagram yang digunakan sudah berada pada versi 10.0 ke atas.

Tertarik untuk mencoba? Berikut adalah cara menggunakan fitur Live Video di Instagram.

  1. Swipe layar ke kanan untuk membuka Instagram Stories.
  2. Kita akan melihat opsi Live Video di bagian bawah. Tekan tombol tersebut untuk memulai siaran langsung.
Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top