REVIEW

Yuk, Joged dan Ngamen Nonstop di Bis via Smartphone!

by Eroneko | 21 Jan 2017
Yuk, Joged dan Ngamen Nonstop di Bis via Smartphone!

Siapa yang pernah menyangka, jika mengamen, atau 'ngamen' secara singkatnya, bisa diangkat menjadi sebuah game mobile? Hanya developer bernama Wisageni Studio saja yang sepertinya sanggup untuk mengembangkan aktivitas sehari-hari di jalanan tersebut menjadi sebuah game mobile yang menarik dengan judul Ngamen Nonstop. Penasaran seperti apa jika ngamen dijadikan sebuah game mobile? Jangan khawatir, JurnalApps kali ini akan membahasnya khusus untukmu!

Berasal dari Yogyakarta, Wisageni Studio dapat dinilai sukses dalam merilis inovasi menarik bernama Ngamen Nonstop, sebuah game mobile dengan tema yang sangat Indonesia. Sesuai dengan judulnya itu, kalian akan berperan sebagai pengamen yang menghibur para penumpang di sebuah bus, dan mendapatkan uang dari hasil mengamen. Karakter pengamen ini akan menghibur penumpang melalui nyanyian dan goyanganmu. Lalu, bagaimana cara memainkannya?

Gameplay

Gameplay dari Ngamen Nonstop ini cukup sederhana. Hampir mirip dengan game mobile lain, semacam Tahu Bulat, yang mengandalkan kecepatan jari kalian serta ketrampilan berstrategi. Jadi, kalian tinggal melakukan “Tap” pada layar smartphone kalian untuk membuat karakter pengamenmu bergoyang. Semakin cepat kalian melakukan tap pada layar, semakin banyak uang yang bakal kalian dapatkan. Nantinya, penumpang bus akan memberikan uang yang harus kalian Tap demi bisa mengambilnya untuk menambah penghasilan dari ngamenmu. Tidak hanya sekedar Tap, kalian juga bisa menggoyangkan ponselmu untuk mendapatkan uang lebih banyak lagi.

Nantinya, uang yang kalian dapatkan itu bisa digunakan untuk mengubah penampilan pengamenmu, berganti karakter, mengubah bus jadi panggung yang asyik, meningkatkan skill mengamen, belajar tarian baru, membuat pendapatan berlipat ganda, dan juga membuka rute bus terbaru.

Kalian akan diberikan lima rute bus yang berbeda yang bisa kalian pilih untuk mengamen. Namun, pengamenmu harus mampu mencapai pendapatan tertentu untuk bisa membuka rute bus lainnya. Setiap kalian membuka rute bus baru, maka kalian juga akan menemui jenis penumpang yang berbeda pula. Jadi, semakin banyak kalian membuka rute bus, semakin banyak penumpang. Dan, tentu saja, semakin banyak pundi-pundi uang yang bisa kalian dapatkan. Kalau bosan menyanyi di bus, kalian juga bisa menyanyi di warteg atau bahkan tempat-tempat lainnya!

Untuk menambah penghasilan, kalian juga bisa merekrut pengamen yang akan membantu kalian dalam mendapatkan uang yang lebih banyak lagi. Mulai dari Mas Kendang dan banyak pengamen lainnya lagi, yang mampu membuat aksi mengamen jadi lebih asyik dan uang pun lebih cepat mengalir ke kantong pengamenmu.

Jangan khawatir jika permainan ini akan menjadi membosankan, karena ada mini game juga yang bisa membuat Ngamen Nonstop tidak melulu sekedar ngamen, nyanyi, dan bergoyang. Di antara mini game itu, ada semacam Arisan Kocok yang membuatmu harus mengocok smartphone-mu secepat mungkin untuk mendapatkan uang arisan, Om Telolet Om, Mantabs Video, dan Tepok Kecoak. Setiap mini gamenya dijamin asyik dan tak membuatmu bosan!

Yang menarik, kalian juga bisa memasukkan lagu koleksi kalian di smartphone ke dalam game ini! Jadi, kalian tinggal memilih lagu apa saja yang bisa membuatmu dan karakter kalian bergoyang dengan lebih asyik!

Game ini pun memiliki leaderboard, achievement sampai misi berhadiah yang berbeda tiap harinya. Yang pasti, kalian tidak akan kehabisan alasan untuk memainkan game ini dan menjadi pengamen terbaik di antara teman-temanmu. Ditambah lagi, Ngamen Nonstop juga memiliki fitur Cloud Save, dimana kalian tidak perlu menyimpan permainan karena sudah disimpan secara otomatis melalui internet. Namun, untuk amannya, pastikan agar kalian juga tetap melakukan penyimpanan melalui menu option dan kosongkan ruang penyimpanan internal pada smartphone kalian sekitar 100 MB, agar game ini selalu lancar untuk dimainkan.

Sayangnya, karena dapat di-download secara gratis, maka sang developer memberikan space iklan di game ini yang mungkin sedikit mengganggu. Meski pun game ini sering memunculkan iklan, namun Wisageni Studio mengklaim bahwa jenis iklannya bakal aman untuk anak dan keluarga.

Kesimpulan

Wisageni sukses merilis Ngamen Nonstop yang rasa Indonesia-nya sangat kental. Begitu banyak, hal-hal kecil yang mengingatkanmu pada situasi dan pengamen aslinya. Dengan musik dangdut yang ceria, warna cerah, dan grafis 3D yang lucu, game mobile ini memiliki begitu banyak konten yang membuatnya jadi solid sekaligus menghibur. Game mobile ini juga hemat menyoal kuota internet. Jadi, jangan khawatir, kuotamu tidak bakal tersedot habis karena game ini. Menerima bintang 4,4 dari 3.746 pengguna, Ngamen Nonstop dijamin memuaskan kalian yang menginginkan keberadaan game mobile bercita rasa lokal, tapi tetap tak kalah dengan rilisan internasional. Segera download saja di Google Play Store secara gratis, dan jangan lupa berikan komentarmu tentang game ini di bawah, ya!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top