REVIEW

Di Game Nasi Goreng, Buat Restoran Nasi Goreng Terbaik Sedunia

by Eroneko | 15 Jan 2017
Di Game Nasi Goreng, Buat Restoran Nasi Goreng Terbaik Sedunia

Setelah sukses dengan berbagai game mobile, terutama Tahu Bulat sebagai judul legendarisnya, Own Games tidak berhenti sampai di situ. Terus mengeluarkan judul-judul menarik, mereka mengeluarkan game mobile berjudul “Nasi Goreng” yang mengangkat sebuah masakan lokal lainnya menjadi game yang unik dan menarik. Walau pun masih open beta, yang artinnya masih dikembangkan dan belum dirilis secara penuh, game mobile ini sudah menarik perhatian banyak pengamat game. Apa bedanya dengan Tahu Bulat dan bagaimana memainkannya? Jangan khawatir, JurnalApps akan membahasnya khusus untukmu!

Developer Own Games kali ini membuat game tentang bisnis kuliner, mulai dari warung kecil yang kemudian akan berkembang seiring dengan kemampuan pemain meracik dan mengelola warung tersebut. Dirilis dalam bentuk open beta, game mobile Nasi goreng ini memiliki berbagai fitur dan aset yang belum diimplementasikan. Sedikit berbeda dari judul sebelumnya, Own Games sepertinya berambisi untuk membuat game mobile yang cocok dengan keinginan fans dan mengembangkannya sesuai dengan saran dan feedback yang masuk. Lalu, bagaimana gameplay-nya? Simak di bawah ini.

Gameplay

Gameplay “Nasi Goreng” ini mengangkat bisnis kuliner lokal dan membuatmu mesti mengembangkannya jadi restoran terbaik di dunia. Yang menarik, sejak awal permainan, kalian akan dipandu oleh karakter yang bernama Purnama (sebut saja Mbak Pur) untuk mengoperasikan warung nasi goreng dan memasaknya.

Ada beberapa tahap yang harus kalian lakukan pada game ini untuk bisa menjalankan warung nasi goreng tersebut:

Yang pertama adalah berbelanja bahan baku dahulu. Awalnya, kalian hanya akan diberikan 10 voucher yang dapat digunakan untuk berbelanja bahan baku yang bisa digunakan untuk memasak. Bahan-bahan yang bisa kalian gunakan untuk memasak nasi goreng pun bermacam-macam dan banyak variannya. Untuk pertama, kalian akan diarahkan untuk membuat nasi goreng polos dengan bahan sederhana.

Kemudian, tahap kedua adalah memasak bahan baku yang sudah kalian beli. Untuk memasak nasi goreng, kalian harus menyiapkan beberapa hal, yaitu kombinasi bahan, resep, dan juga peralatan masak yang sesuai. Yang menarik, kalian bisa melakukan percobaan menggunakan kombinasi tersebut untuk membuat masakan baru. Untuk pertama, kalian akan diberikan resep, bahan, dan diarahkan untuk memilih peralatan masak untuk menggoreng “Nasi Goreng Polos.”

Setelah itu, tahap terakhir adalah membuka warung nasi goreng tersebut. Di sini, kita bisa melihat bagaimana nasi goreng kalian bakal diterima oleh pelanggan. Semakin memuaskan, maka semakin banyak pundi-pundi uang yang bisa kalian dapatkan.

Nantinya, uang, koin, dan voucher yang kalian peroleh bisa digunakan untuk mendekorasi warung untuk menarik pelanggan, membeli bahan mentah yang lebih bervariasi, dan menemukan resep nasi goreng baru yang lebih menarik. Kombinasi bahan mentah, alat, dan pembuatan bisa disimpan dalam resep agar nantinya lebih mudah jika ingin membuat lagi.

Kelebihan

Dengan memberikan kebebasan kepada pemain untuk membuat resep-resep baru dari kombinasi bahan dan peralatan masak yang memberikan hasil berbeda, game mobile ini memberikan kemampuan untuk bereksplorasi dan berimajinasi. Apalagi dengan mempertimbangkan harga, manajemen warung, dan dekorasi yang membuat game ini semakin unik dan menyenangkan. Berbagai resep rahasia sudah disiapkan untuk ditemukan, semua bakal tergantung pada pemain menyoal bagaimana menggunakan kreativitas untuk menemukan resep rahasia ini.

Kekurangan

Karena masih dalam tahap open beta, masih banyak bug yang muncul. Kurangnya informasi dan petunjuk dalam memainkan game ini juga mungkin membuat pemain baru harus mengira-ngira terlebih dahulu. Juga, banyak fitur yang masih belum bisa digunakan, dan game terkadang menutup sendiri (force closed). Terkadang, bahan mentah akan menghilang dan suara karakter pun tidak pas serta membutuhkan penyesuaian.

Kesimpulan

Sebagai game mobile versi open beta, judul ini menawarkan berbagai potensi dan inovasi yang menarik. Fitur gameplay yang unik seperti memasak dengan cara mengkombinasikan bahan dan peralatan memasak membuat game ini jadi lebih menarik. Kemampuan mendekorasi restoran juga menjadi poin tambahan yang membuat game ini asyik untuk dimainkan berulang kali. Hingga saat ini, game “Nasi Goreng” dari Own Games ini telah diunduh oleh pengguna Android sebanyak 5 ribu pengguna. Untuk kalian yang ingin mencoba game unik ini, segera download saja sekarang di Google Play secara gratis!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top