NEWS

Viki, Asisten Pribadi Digital Milik Nokia

Dikdok   14 Jan 2017
Viki, Asisten Pribadi Digital Milik Nokia

Baru saja smartphone Android Nokia 6 resmi diluncurkan, Nokia telah memberikan informasi terbaru mengenai pembaruan yang akan mereka berikan. Tidak butuh waktu lama, kini telah ada informasi bahwa Nokia sudah mendaftarkan sebuah merek dagang bernama “Viki” di kawasan Eropa.

Sebenarnya, informasi mengenai Viki ini juga belum begitu jelas, namun banyak yang memprediksi bahwa Viki adalah nama yang diberikan Nokia untuk asisten personal virtual yang sedang mereka kembangkan. Pada dokumen aplikasi, merek dagang tersebut juga menyebutkan bahwa Viki merupakan sebuah “asisten dengan pengetahuan digital yang mampu menggabungkan semua sumber data dalam satu obrolan dan antarmuka berbasis suara.”

Selanjutnya, disebutkan pula bahwa Viki nantinya akan bisa digunakan pada perangkat mobile dan situs jejaring, sebagaimana dilansir dari Engadget pada Kamis (12/1/2017).

Selain informasi yang telah disebutkan di atas, masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai merek dagang terbaru ini. Seorang juru bicara mengakui bahwa pihaknya memang mengajukan trademark aplikasi atas Viki, tetapi bungkam ketika ditanya lebih lanjut.

"Kami tak berkomentar tentang kemungkinan atau waktu pemakaiannya di produk atau layanan Nokia," ujarnya.

Jika memang benar bahwa Viki merupakan asisten suara yang sedang dikembangkan oleh Nokia, maka Viki harus bersaing keras dengan para asisten suara lainnya yang telah terlebih dahulu beredar di pasaran, seperti Siri, Google Assistant, Cortana, dan Alexa. Sekedar informasi, Huawei telah mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan meyematkan asisten pribadi Alexa buatan Amazon AS pada smartphone terbarunya, Mate 9.

Namun sebenarnya, masih terbuka juga kemungkinan bahwa Viki bukanlah software asisten pribadi, karena informasi yang masuk hingga saat ini juga masih belum jelas. Apa pun itu nantinya, diharapkan Viki akan bisa menjadi senjata untuk semakin menegaskan eksistensi sekaligus meramaikan “comeback”-nya Nokia ke industri smartphone tahun ini. Hal ini pun disambut baik oleh para fans Nokia yang memang sudah menunggu-nunggu sejak lama.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top