REVIEW

Fate/Grand Order, Game Strategi yang Sangat Menantang

Anduril   12 Jan 2017
Fate/Grand Order, Game Strategi yang Sangat Menantang

Kalau kalian senang dengan anime Fate, kalian pastinya pernah mendengar keberadaan game mobile Fate/Grand Order. Fate akhirnya mempunyai game mobile-nya sendiri setelah sebelumnya muncul di game mobile lain dalam bentuk kolaborasi. Fate/Grand Order merupakan game mobile buatan Aniplex Inc. yang juga merupakan rumah produksi untuk serial anime-nya. Mengusung sistem pertempuran turn-based, Fate/Grand Order berhasil mempesona banyak orang, terutama para pecinta anime.

Fate/Grand Order berlatar belakang tentang penyelamatan umat manusia dari kepunahan, yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2016. Kalian akan berperan sebagai seorang “Master” yang mengendalikan sejumlah “Servant,” yang menjelajahi masa lalu untuk menyingkap misteri asal-usul peristiwa tersebut dan menyelamatkan umat manusia dari kepunahanan total.

Untuk gameplay utama, Fate/Grand Order menggunakan sistem CCG (Collectible Card Game) sebagai basisnya. Kalian harus mengumpulkan kartu-kartu kuat yang berasal dari sistem RNG dan meningkatkan kekuatan kartu tersebut dengan cara levelling. Sebenarnya, sistem ini sangatlah umum untuk digunakan dalam game mobile lainnya dari Jepang, tetapi Fate/Grand Order menghadirkan sistem pertempuran yang menarik sehingga membuat kami jadi terpaku selama berjam-jam di depan smartphone kami.

Sistem pertempuran di Fate/Grand Order tergolong rumit bila dibandingkan dengan game mobile sejenis. Sebelum memulai permainan, kalian harus menyusun party yang terdiri dari enam orang servant. Tiga servant di garis depan (dua servant milik sendiri, satu servant milik teman) dan tiga servant lainnya sebagai cadangan jika salah satu servant ada yang mundur.

Dalam pertempuran, kalian bisa mengaktifkan berbagai skill-skill yang memiliki efek berbeda-beda. Ada skill yang membuat servant tidak menerima damage sama sekali selama satu turn, dan ada skill yang menambah damage secara signifikan. Apa pun skill yang kalian pakai, skill tersebut biasanya memiliki cool down yang cukup lama, sehingga kalian harus cukup bijak dalam menggunakan skill-skill tersebut.

Selain skill, para servant juga dilengkapi dengan bar NP yang bisa diisi dengan command khusus. Jika bar NP penuh, maka servant tersebut bisa mengeluarkan jurus spesialnya yang biasanya memiliki damage lebih besar dari serangan normal.

Perintah menyerang terdiri dari tiga macam, yaitu “Buster,” “Arts,” dan “Quick.” “Arts” adalah perintah dasar untuk melakukan penyerangan yang menitikberatkan pengisian bar NP dan menghasilkan beberapa poin kritikal. “Buster” adalah tipe serangan sepenuh tenaga, damage yang dihasilkan merupakan paling besar di antara kedua perintah lainnya, tetapi perintah ini tidak menambah bar NP dan tidak menghasilkan poin kritikal sama sekali. Yang terakhir adalah “Quick,” perintah serangan terlemah dari semuanya, tetapi setiap hitnya 99% menghasilkan kritikal dan menambah NP, meski pun tidak sebanyak “Arts.”

Urutan perintah juga mempengaruhi efek yang terjadi, seperti bila perintah “Buster” ditaruh di urutan ketiga, maka tingkat kerusakan yang dihasilkan lebih tinggi, dibandingkan jika ditaruh di urutan pertama. Ada juga sistem chain, dimana ketika pemain mengeksekusi tiga perintah dengan tipe serangan yang sama atau ketiga perintah dengan karakter yang sama, maka di turn tersebut akan menghasilkan efek khusus yang bisa memutarbalikkan kondisi pertempuran.

Ada sebelas tipe servant di Fate/Grand Order, mereka adalah “Archer,” “Saber,” “Lancer,” “Rider,” “Assassin,“ “Caster,” “Shielder,” “Berserker,” “Ruler,” “Avenger,” dan “Beast” yang menjadi musuh utama di Fate/Grand Order. Setiap servant tadi memiliki kelemahan dan kekuatannya sendiri-sendiri, layaknya permainan batu kertas gunting.

Tempo pada game Fate/Grand Order tergolong cukup lambat, baik untuk kenaikan level servant dan master mau pun untuk urusan cerita yang cukup memberikan gap antara satu episode dengan episode lainnya. Untuk memaksimalkan pengembangan servant dan master, setiap hari ada quest event mingguan, yang bisa menjadi wahana untuk mendapatkan uang, material upgrad, serta untuk memaksimalkan level master sendiri.

Fate/Grand Order tampil sebagai sebuah game yang harus dimainkan bagi para pecinta anime Fate dan gamer yang menyukai tantangan lebih. Bila kalian tidak bisa berbahasa Jepang, jangan berkecil hati, karena banyak tutorial di internet yang akan siap membantu kalian dalam memainkan game ini. Untuk mengunduh gamenya, kalian bisa menggunakan tutorial yang sudah kami sediakan di sini: Cara Memainkan Game Jepang di Android dan iOS

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top