TIPS

Inilah Cara Memunculkan Quick App Switcher ala Android N di HP Lama

09 Jan 2017 Askasama
Inilah Cara Memunculkan Quick App Switcher ala Android N di HP Lama

Google baru saja mengeluarkan Android seri N pada beberapa bulan yang lalu. Android tersebut mempunyai banyak fasilitas yang sangat bagus dan efisien untuk pengguna, yang di antaranya adalah Split Screen, yang mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbeda pada satu layar smartphone. Fasilitas yang lain adalah tombol Recent App yang memungkinkan pengguna untuk kembali menjalankan aplikasi yang sebelumnya.

Fasilitas Split Screen akan sangat maksimal jika digunakan pada smartphone dengan layar yang lumayan lebar, sementara untuk yang mempunyai layar dengan lebar 5 inci dirasa kurang nyaman karena layar akan tampak menyempit. Tetapi, fasilitas ini tentu saja baru dapat dinikmati pengguna jika menggunakan sistem operasi Android N.

Bagi kalian yang ingin menikmati fasilitas yang sama, ada beberapa aplikasi yang dapat dicoba sehingga perangkat Android kita dapat melakukan hal yang sama.

Quick App Switching

Kebanyakan perangkat Android sekarang ini sudah dilengkapi dengan fasilitas pencarian. Untuk smartphone Samsung dan smartphone yang lain, terutama yang masih menggunakan perangkat keras untuk tombol Home, bisa dilakukan dengan menekannya agak lama. Sedangkan untuk Nexus hanya dengan mneggeser ke atas pada tombol Home.

Dengan menggunakan fasilitas Google Now, kita dapat melakukan berbagai macam pekerjaan, seperti jika menekan tombol Home maka akan menuju kepada aplikasi yang telah kita gunakan dalam waktu dekat, atau jika menekan agak lama mak akan berpindah-pindah dari aplikasi yang satu menuju aplikasi yang lainnya. Atau, juga bisa menggunakan failitas yang lain dengan cara menggeser ke bawah icon-icon pada layar smartphone.

Last App Switcher

Aplikasi yang akan kita gunakan untuk perangkat android dengan Sistem Lolipop adalah Last App Switcher. Untuk menjalankan aplikasi ini memerlukan izin dari perangkat Android sehingga dapat digunakan dengan baik.

Ketika pertama kali menjalankan, akan muncul sebuah dialog yang meminta Anda untuk memberikan izin untuk menjalankan aplikasi tersebut. Setelah Anda memberikan izin, maka kita akan kembali ke tampilan utama aplikasi.

Di atas, kita melihat tiga gambar. Pada gambar yang berada di tengah, bergeserlah ke kanan tombol menuju Easy App Switcher dan Package Installer .

Setelah kita ubah semuanya menjadi enable, cobalah untuk menekan tombol Home pada smartphone kita dengan cukup lama, maka akan muncul pilihan. Kemudian, pilihlah Last App Switcher, lalu pilih Always. Sekarang, kalian bisa berpindah-pindah aplikasi tanpa harus mengalami kesulitan.

INSTALL LAS: LAST APP SWITCHER DI SINI SEKARANG

Aplikasi ini dapat di-download di Google Play.

Easy App Switcher

Aplikasi ini digunakan dengan cara yang sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang lain. Aplikasi ini lebih diperuntukkan untuk menandai setiap aplikasi yang sering kita gunakan. Cara menggunakannya cukup sederhana, hanya dengan menggeser tampilan dari tepi layar untuk menampilkan aplikasi yang sering kita gunakan.

Hal terbaik dari aplikasi ini adalah kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang akan kita jadikan shortcut, dan kita bisa mengatur launcher melalui aplikasi ini pada layar yang sama.

INSTALL EAS: EASY APP SWITCHER DI SINI SEKARANG

Pintasking

Bisa dikatakan, aplikasi Pintasking ini bukan sepenuhnya merupakan aplikasi yang dapat menjadikan smartphone kita untuk bekerja secara multitasking. Dikarenakan fungsi aplikasi ini hanya untuk menjadi penanda atas aplikasi-aplikasi apa saja yang sering kita gunakan, maka kita akan melihat sebuah icon kecil pada layar smartphone sebagai penanda aplikasi yang kita gunakan begitu aplikasi ini terpasang.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kita hanya perlu menekan cukup lama pada icon aplikasi sampai muncul pesan untuk menandai atau Pin untuk aplikasi yang kita inginkan. Setelah aplikasi tertandai, maka akan muncul icon pada tepi layar smartphone yang bisa kita letakkan di bagian tepi layar mana saja sampai tanda aplikasi tersebut dihapus.

INSTALL PINTASKING DI SINI SEKARANG

Sebenarnya, aplikasi ini mempunya fasilitas sebagai App Switcher, namun kita harus merogoh kocek sebesar $4 lagi untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

SHARE Artikel
Artikel Lainnya
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id

To Top